RPP kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester         :  4 / 1
Tema / sub tema        :  Macam-macam sumber energi
Petemuan ke              :  4
Semester                     :  1   (SATU)
Alokasi waktu            :  30 MENIT


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
    BAHASA INDONESIA
   3.1 Menggali informasi dan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi  dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energy panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

     MATEMATIKA
3.1  Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan dan perkalian
4.1.. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
  
     IPS
3.3  Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.


C.    INDIKATOR
 BAHASA INDONESIA
1.      Membuat pertanyaan dari teks laporan yang dibacanya



MATEMATIKA
1.      Menerapkan konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian

IPS
1.      Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan
D.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan membaca teks, siswa mampu mengolah informasi menjadi bentuk pertanyaan tentang manfaat bendugan dalam bahasa Indonesia lisa dan tulisan menggunakan kosakata baku dengan tepat.
2.      Dengan kegiatan menghitung jumlah daya lampu, siswa mampu mengaplikasikan konsep matematika sepasang ekspresi menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan dan perkalian dengan benar
3.      Dengan kegiatanmembaca peta, siswa mampu menemukan kenampakan alam dan buatan yang sesuai dengan lokasinya dengan benar.


E.     MATERI
 BAHASA INDONESIA
1.      Teks bacaan yang tepat
 MATEMATIKA
  1. Penjumlahan, pengurangan dan perkalian
 IPS
1.      Peta dan atlas


RINGKASAN MATERI

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


2.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Mengecek  tentang kehadiran siswa
3.      Siswa memperhatikan teks bacaan dengan cermat
4.      Siswa memperhatikan peta dan atlas yang diperlihatkan
5.      Siswa diberi kesempatan untuk berfikir dan menerka-nerka materi yang akan diberikan
6.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Macam-macam Sumber Energi”




5 menit
Inti
1.      (OBSERVING) mengamati gambar tentang penampakan buatan dan penampakan alam
Gambar penampakan buatan:
Bendungan jatiluhur, waduk gajah mungkur, waduk sermo dll

        Gambar penampakan alam:
         Sungai bengawan solo, sungai musi, danau toba dll
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

150 menit

2.      (QUESTIONING) Bertanya jawab tentang ciri-ciri penampakan buatan  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


3.      Murid membaca TEKS tentang Bendungan (membaca, mendengar) meliputi S: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar
4.      Setelah membaca TEKS dilakukan penilaian
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa dapam membuat/menyusun pertanyaan atas dasar bacaan teks
5.       (ASOCIOTIING) Murid bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar ) Melalui pengamatan gambar penampakan alam dan penampakan buatan siswa diminta membandingkannya (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


6.      Murid membentuk kelompok  berdasarkan teman satu bangku/2 orang
7.      Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
8.      Murid berelaborasi dengan teman sebangku tentang penampakan buatan dan penampakan alam.
9.      Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)



Penilaian proses:
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar penampakan buatan :
·         Gambar bendungan
   Kelompok gambar penampakan alam
·         Gambar danau toba, sungai musi dll
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada penampakan buatan selain bendungan dan penampakan alam lainnya.


10.  Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
11.  Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
12.  Kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya


13.  siswa bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

14.  Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang penampakan alam dan penampakan buatan

15.  Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

5 menit


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan




3.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Gambar/contoh langsung penampakan buatan
·         Gambar/contoh langsung penampakan alam


4.    PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                            Guru Kelas 4
Assesor                                                                      




…………………….                                                               ……………………………



0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritiknya

Sidebar One

Stats

Hidup adalah sebuah anugerah yang harus kita lewati bercumbu rayu dengan ribuan masalah

featured-content

Blogroll

Labels

Labels

Blogger templates

Blogger news

FansPage

Bantu Like Dong Sobat... ^_^
×

Hidup adalah sebuah anugerah yang harus kita lewati bercumbu rayu dengan ribuan masalah

Labels

Jumat, 20 Desember 2013

RPP kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester         :  4 / 1
Tema / sub tema        :  Macam-macam sumber energi
Petemuan ke              :  4
Semester                     :  1   (SATU)
Alokasi waktu            :  30 MENIT


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
    BAHASA INDONESIA
   3.1 Menggali informasi dan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi  dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energy panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

     MATEMATIKA
3.1  Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan dan perkalian
4.1.. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
  
     IPS
3.3  Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.


C.    INDIKATOR
 BAHASA INDONESIA
1.      Membuat pertanyaan dari teks laporan yang dibacanya



MATEMATIKA
1.      Menerapkan konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian

IPS
1.      Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan
D.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan membaca teks, siswa mampu mengolah informasi menjadi bentuk pertanyaan tentang manfaat bendugan dalam bahasa Indonesia lisa dan tulisan menggunakan kosakata baku dengan tepat.
2.      Dengan kegiatan menghitung jumlah daya lampu, siswa mampu mengaplikasikan konsep matematika sepasang ekspresi menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan dan perkalian dengan benar
3.      Dengan kegiatanmembaca peta, siswa mampu menemukan kenampakan alam dan buatan yang sesuai dengan lokasinya dengan benar.


E.     MATERI
 BAHASA INDONESIA
1.      Teks bacaan yang tepat
 MATEMATIKA
  1. Penjumlahan, pengurangan dan perkalian
 IPS
1.      Peta dan atlas


RINGKASAN MATERI

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


2.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Mengecek  tentang kehadiran siswa
3.      Siswa memperhatikan teks bacaan dengan cermat
4.      Siswa memperhatikan peta dan atlas yang diperlihatkan
5.      Siswa diberi kesempatan untuk berfikir dan menerka-nerka materi yang akan diberikan
6.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Macam-macam Sumber Energi”




5 menit
Inti
1.      (OBSERVING) mengamati gambar tentang penampakan buatan dan penampakan alam
Gambar penampakan buatan:
Bendungan jatiluhur, waduk gajah mungkur, waduk sermo dll

        Gambar penampakan alam:
         Sungai bengawan solo, sungai musi, danau toba dll
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

150 menit

2.      (QUESTIONING) Bertanya jawab tentang ciri-ciri penampakan buatan  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


3.      Murid membaca TEKS tentang Bendungan (membaca, mendengar) meliputi S: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar
4.      Setelah membaca TEKS dilakukan penilaian
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa dapam membuat/menyusun pertanyaan atas dasar bacaan teks
5.       (ASOCIOTIING) Murid bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar ) Melalui pengamatan gambar penampakan alam dan penampakan buatan siswa diminta membandingkannya (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


6.      Murid membentuk kelompok  berdasarkan teman satu bangku/2 orang
7.      Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
8.      Murid berelaborasi dengan teman sebangku tentang penampakan buatan dan penampakan alam.
9.      Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)



Penilaian proses:
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar penampakan buatan :
·         Gambar bendungan
   Kelompok gambar penampakan alam
·         Gambar danau toba, sungai musi dll
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada penampakan buatan selain bendungan dan penampakan alam lainnya.


10.  Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
11.  Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
12.  Kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya


13.  siswa bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

14.  Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang penampakan alam dan penampakan buatan

15.  Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

5 menit


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan




3.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Gambar/contoh langsung penampakan buatan
·         Gambar/contoh langsung penampakan alam


4.    PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                            Guru Kelas 4
Assesor                                                                      




…………………….                                                               ……………………………



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Kritiknya

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Terjamah

Categories

Popular Posts

About Me

Followers

Blog Archive

Popular Posts

Twitter Q

IKLAN


Kode Iklan Anda Disini

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar