RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SEKOLAH DASAR
Kelas / semester :
4 / 1
Tema / sub tema :
Macam-macam sumber energi
Petemuan ke :
4
Semester : 1 (SATU)
Alokasi waktu :
30 MENIT
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak energy panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
MATEMATIKA
3.1 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang
ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan dan perkalian
4.1.. Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan
efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas,
decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah atau
tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
IPS
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
Menceritakan
manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.
C.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.
Membuat
pertanyaan dari teks laporan yang dibacanya
MATEMATIKA
1.
Menerapkan
konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan,
dan perkalian
IPS
1. Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan
D.
TUJUAN
1.
Dengan kegiatan
membaca teks, siswa mampu mengolah informasi menjadi bentuk pertanyaan tentang
manfaat bendugan dalam bahasa Indonesia lisa dan tulisan menggunakan kosakata
baku dengan tepat.
2.
Dengan kegiatan
menghitung jumlah daya lampu, siswa mampu mengaplikasikan konsep matematika
sepasang ekspresi menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan dan
perkalian dengan benar
3.
Dengan
kegiatanmembaca peta, siswa mampu menemukan kenampakan alam dan buatan yang
sesuai dengan lokasinya dengan benar.
E.
MATERI
BAHASA INDONESIA
1. Teks bacaan yang tepat
MATEMATIKA
- Penjumlahan, pengurangan dan perkalian
IPS
1. Peta dan atlas
RINGKASAN
MATERI
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
2.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Mengecek tentang kehadiran siswa
3.
Siswa memperhatikan teks
bacaan dengan cermat
4.
Siswa memperhatikan peta dan
atlas yang diperlihatkan
5.
Siswa diberi kesempatan
untuk berfikir dan menerka-nerka materi yang akan diberikan
6.
Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang
“Macam-macam
Sumber Energi”
|
5 menit
|
Inti
|
1.
(OBSERVING) mengamati gambar tentang penampakan
buatan dan penampakan alam
Gambar penampakan buatan:
Bendungan jatiluhur, waduk gajah mungkur, waduk sermo dll
Gambar penampakan alam:
Sungai bengawan solo, sungai musi,
danau toba dll
Jawaban berkembang sesuai
dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi
serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
|
2.
(QUESTIONING) Bertanya jawab tentang ciri-ciri penampakan
buatan (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan
jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak
sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada
siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam
menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain
yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian
siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
3.
Murid membaca TEKS tentang Bendungan (membaca, mendengar) meliputi S: jedanya, lafalnya,
tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar
4.
Setelah membaca TEKS
dilakukan penilaian
·
(penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa
dapam membuat/menyusun pertanyaan atas dasar bacaan
teks
5.
(ASOCIOTIING) Murid
bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks
( menalar ) Melalui pengamatan gambar penampakan alam dan penampakan
buatan siswa diminta membandingkannya (eksplorasi
dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
|
|
6.
Murid membentuk
kelompok berdasarkan teman satu
bangku/2 orang
7.
Masing-masing
siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
8.
Murid berelaborasi dengan
teman sebangku tentang penampakan buatan dan penampakan alam.
9.
Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain
(Think Pair Share)
|
|
|
|
Penilaian
proses:
a.
Guru berkeliling mengamati
kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.
Menilai kerjasamanya,
tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak
dsb)
c.
Menilai dengan lembar
pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar
untuk Example non Example
Kelompok
gambar penampakan buatan :
·
Gambar bendungan
Kelompok gambar penampakan alam
·
Gambar danau toba, sungai
musi dll
Keterangan:
Diharapkan
diskusi akan berkembang pada penampakan buatan selain bendungan dan
penampakan alam lainnya.
|
|
|
|
10.
Semua kelompok mengamati,
memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang
dipelajari.
11.
Salah satu kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
12.
Kelompok lain untuk
mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
|
13.
siswa bercerita (berdasarkan
gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
|
|
14.
Guru dan siswa bersama-sama
siswa membuat kesimpulan tentang penampakan alam dan penampakan buatan
|
|
|
15.
Hasil kegiatan dan pekerjaan
siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan
hidup sehat
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil
belajar
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
|
5 menit
|
|
||
|
||
|
|
3.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Gambar/contoh
langsung penampakan buatan
·
Gambar/contoh
langsung penampakan alam
4.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian
Kinerja
2) Penilaian
Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui Guru
Kelas 4
Assesor
……………………. ……………………………
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon Saran dan Kritiknya